2016-12-26

Masa Kita Sekarang Adalah Akhir Zaman Menurut Mitologi Yunani





















Ages of Man atau Zaman Manusia adalah tahapan eksistensi umat manusia (yang di dominasi oleh laki-laki) di muka bumi menurut mitologi Yunani. Degradasi kondisi umat manusia dari waktu ke waktu ditandai secara simbolis dengan logam (kecuali Heroic Age) yang berturut-turut mengalami penurunan nilai dan di bagi dalam 5 zaman.

Golden Age/zaman emas
Zaman dimana Cronus berkuasa.Umat manusia dibentuk dari bumi melalui tangan Prometheus. Mereka hidup di antara para dewa dan bebas berbaur. Kedamaian dan keharmonisan berlaku selama zaman ini. Manusia tidak perlu bersusah payah memenuhi kebutuhan, bumi menyediakan makanan yang melimpah. Mereka hidup sampai usia yang sangat tua akan tetapi tetap terlihat muda dan akhirnya meninggal dengan tenang, Roh mereka hidup sebagai "Guardian/Penjaga".

Silver Age/zaman Perak
Setelah Titanomachy atau perang besar para Titan, dimulailah zaman perak yang ditandai dengan kekuasaan para penerus Cronus dan anaknya, Zeus. Pada zaman ini Zeus menciptakan manusia dari pohon Ash, Umat manusia di zaman ini tidak memiliki umur sepanjang manusia di zaman emas, hanya seratus tahun dan sebagian besar waktunya dihabiskan dengan berselisih satu sama lain. Mereka menolak menyembah dewa Zeus dan akhirnya di binasakan oleh Zeus karena sifat keduniawiannya. Setelah mati, manusia di zaman ini menjadi roh kudus di dunia bawah (underworld).

Bronze Age/zaman perunggu
Para umat manusia (kaum pria) di Zaman Perunggu sangat keras dan kasar. Perang adalah tujuan hidup dan kesenangan buat mereka. Senjata dan peralatan serta rumah-rumah mereka terbuat dari perunggu. Orang-orang di Zaman ini menyelesaikan permasalahan dengan cara-cara kekerasan mereka sendiri. setelah mati mereka menjadi roh yang tidak dikenal dan di kirim ke bagian paling menakutkan di dunia bawah, zaman ini diakhiri dengan banjir Deucalion.

The Heroic Age/zaman pahlawan
Setelah banjir Deucalion, semua manusia musnah kecuali Deucalion dan Pyrrha, lalu umat manusia di ciptakan kembali dari tulang bumi (batu). Ras manusia masa ini disebut Henitheoi, Orang-orang zaman ini lebih heroik dari para pendahulu dan penerus mereka. Umat manusia hidup bersama para pahlawan dan Demigods. Pahlawan pada zaman inilah yang bertempur di Thebes dan Troy. Setelah mati, roh mereka akan pergi ke Elysium.

Iron Age/zaman besi (sekarang)
Selama periode ini manusia akan bekerja sangat keras dan menderita untuk memenuhi kebutuhan hidup. Anak-anak tidak menghormati orang tua mereka, perkelahian saudara dengan saudara, sopan santun dan tradisi dilupakan. Selama masa ini orang jahat menggunakan kebohongan agar dianggap baik. Pada puncak zaman ini, manusia tidak lagi merasa malu atau marah pada perbuatannya, bayi akan lahir dengan rambut abu-abu dan para dewa benar-benar meninggalkan manusia: "tidak akan ada bantuan melawan kejahatan."

0 comments:

Post a Comment